Berita

Pastikan Pelaksanaan Tugas Sesuai SOP, Tim Bid Propam Polda NTB Periksa Penjagaan Tahanan Polres Sumbawa Barat

×

Pastikan Pelaksanaan Tugas Sesuai SOP, Tim Bid Propam Polda NTB Periksa Penjagaan Tahanan Polres Sumbawa Barat

Share this article

Sumbawa Barat – Rangkaian kegiatan kunjungan Kabid Propam Polda NTB beserta rombongan, anggota tim melakukan pemeriksaan di Ruang Tahanan Polres Sumbawa Barat, Jumat (26/07).

Kasi Propam Polres Sumbawa Barat AKP Kariyadi melalui Kasi Humas membenarkan bahwa beberapa rangkaian yang dilakukan oleh tim kunjungan Kabid Propam selain Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin), Penelitian Personel (Litpers) bagi personel yang akan naik pangkat, dan pembinaan etika profesi, ruang tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan oleh anggota tim. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan situasi penjagaan di ruang tahanan oleh Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) berjalan dengan baik.

Masih Kasi Humas, dalam pemeriksaan ke ruang tahanan dilaksanakan oleh Kasubbag Renmin Bid Propam Polda NTB didampingi Kanit SPKT dan piket jaga Sat Tahti serta anggota Provost Polres Sumbawa Barat. Dalam pemeriksaan dilakukan tanya jawab ke beberapa orang tahanan tentang penjagaan atau pengamanan ruang tahanan, pelayanan hak-hak warga binaan, pelayanan jenguk tahanan, sampai pada pengawalan saat mengikuti proses persidangan karena warga binaan di Rutan Polres Sumbawa Barat sebagian merupakan titipan tahanan kejaksaan yang sudah memasuki tahap pemeriksaan di sidang peradilan.

“Dalam pengecekan ini untuk memastikan tahanan dalam jumlah lengkap, kesehatan tahanan, terpenuhinya kebutuhan air, dan barang-barang yang ada dalam ruang tahanan, termasuk pintu, gembok, dan terali-terali besi untuk memastikan bahwa tidak ada benda yang berbahaya di dalam ruangan tahanan.

Lanjut Kasi Humas, pada akhir pengecekan, tim juga mengimbau kepada petugas piket yang menjaga tahanan untuk selalu waspada, jangan lengah, dan selalu memeriksa barang bawaan atau kiriman kepada warga binaan yang menjalani penahanan.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

  Jakarta. Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi…